LAPORAN MAGANG
DI PUSAT PELATIHAN IT GAMA INFORMATIKA
KOTA YOGYAKARTA
12 JANUARI
s.d 11 FEBRUARI 2017
JENJANG
DIPLOMA III
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AKMI
BATURAJA
2017
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA
PENGANTAR
Puji sukur kehadirat allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah
diberikan dan atas nikmat yang telah di berikan sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan magang ini. Penulis menyusun laporan magang ini sebagai
salah satu syarat untuk gelar Ahli Madya pada jurusan Teknik Informatika di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer AMIK “AKMI” Baturaja.
Penyusunan laporan magang ini mungkin belum sempurna untuk itu
penulis harapkan agar saran dan kritik dapat disampaikan guna kesempurnaan
laporan magang ini. Terselesainya laporan ini tidak lepas dari semua pihak yang
telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini untuk itu penulis
menghanturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Bapak Putu Putrayasa selaku Ketua Yayasan Pendidikan
Mitragama,
2.
Bapak Naproni, M.Kom, selaku Direktur AMIK AKMI Baturaja,
3.
Bapak Hendrayudi, M.Kom, selaku Pembantu Direktur I AMIK AKMI Baturaja,
4.
Kadarsih, M.Kom, selaku dosen pembimbing yang telah memberikan arahan dan
perhatian dalam penyusunan laporan magang ini,
5.
Bapak Haris Saputro, M.Kom, Selaku Kaprodi Teknik Informatika,
6.
Naproni, M.Kom, selaku Pembimbing Akademik Teknik
Informatika,
7.
Bapak
Anqi Tama, S.Kom, Selaku Ketua Tim Pelatihan IT Gama Informatika Kota
Yogyakarta,
8.
Rekan-rekan
yang telah membantu dalam penulisan laporan ini.
Semoga dengan terselesainya laporan magang ini dapat bermanfaat bagi
penulis dan pembaca. Penulis juga mengucapkan maaf kepada pembaca apabila dalam
penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk
perbaikan yang lebih baik lagi.
Semoga
kita semua selalu di Ridho Allah SWT. Akhir
kata penulis mengucapkan terima kasih semoga dengan adanya laporan ini akan
dapat bermanfaat bagi kita
semua.
Baturaja, Oktober 2017
Penulis
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Magang
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin pesat, terutama teknologi
komputer. Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk
membantu meningkatkan kualitas kerja dalam suatu lembaga atau
instansi hampir semua instansi menggunakan komputer, hal ini mempermudah
pekerjaan, sehingga dalam hal ini dibutuhkan tenaga kerja yang ahli dalam
bidang komputer dan sebaliknya diimbangi dengan sumber daya manusia yang
profesional.
Magang
bertujuan untuk melatih siswa agar terbiasa dengan lingkungan kerja, sehingga
dari magang kerja tersebut mahasiswa dilatih cara kerja yang baik dan benar.
Sebelum mahasiswa memasuki dunia kerja, mahasiswa bisa memahami betapa sulitnya
bekerja dan perlu banyak latihan sebelum memasuki dunia kerja dan disiplin
merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi mahasiswa.
Sebagai
perguruan tinggi yang mengkhususkan diri pada bidang komputer, AMIK ”AKMI”
Baturaja menyelenggarakan program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa yang
dituangkan dalam mata kuliah magang kerja.
Diharapkan
dengan adanya program magang ini, mahasiswa mampu melakukan kerja, baik yang
berhubungan dengan dunia komputer maupun yang tidak ada hubungannya serta mampu
mengoperasikan kerja dengan media komputer maupun secara manual. Mahasiswa juga diharapkan dapat berinteraksi dengan
lingkungan kerja yang baik maupun dengan lingkungan sekitarnya.
Harapannya setelah melaksanakan magang, mahasiswa bisa memiliki tanggung jawab yang
tinggi terhadap diri sendiri maupun orang lain. Mampu menguasai dalam menjalani kehidupan dengan
lingkungan umum dan dapat mengukur diri apakah kelak setelah lulus mampu terjun
langsung dalam dunia kerja yang nyata.
B. Tujuan Magang
Dengan magang
kerja ini penulis
berharap mampu membuat aplikasi android yang
bermanfaat dan dapat digunakan untuk membantu penulis dalam mengerjakan tugas
akhir. Tujuan dari pelaksanaan magang adalah sebagai
berikut:
1. Bagi
Perguruan Tinggi AMIK “AKMI”
Baturaja
a. Memperkenalkan mahasiswa dengan dunia usaha.
b. Mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu
bersaing.
c. Membina hubungan baik dengan perusahaan atau
instansi yang terlibat.
d. Sebagai evaluasi untuk
mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.
2. Bagi
Mahasiswa AKMI
Baturaja
a. Menerapkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh dari Akademi Manajememen Informatika dan Komputer, AMIK “AKMI” Baturaja sesuai dengan jurusan dan keahlian.
b. Meningkatkan kemampuan untuk
menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.
c. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi,
kreatif dan inovatif dengan kalangan instansi atau perusahaan.
d. Melatih rasa tanggung jawab dan mentalitas
mahasiswa dalam bekerja.
C. Manfaat Magang
Magang kerja mempunyai
manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa, perguruan tinggi, perusahaan dan masyarakat,
adapun manfaat magang kerja tersebut antara lain:
1. Bagi
Perguruan Tinggi AKMI
Baturaja
a. Meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja magang.
b. Perguruan Tinggi AMIK ”AKMI” Baturaja akan
lebih dikenal oleh perusahaan-perusahaan dan masyarakat.
c. Terciptanya hubungan kerjasama yang baik antara
Gama Informatika dan AMIK ”AKMI” Baturaja.
2. Bagi
Mahasiswa AKMI
Baturaja
a. Bertambahnya wawasan dan pengetahuan
tentang cara merancang
dan membuat sebuah aplikasi android.
b. Bertambahnya keterampilan serta
keahlian mahasiswa khususnya dalam bidang praktek.
c. Menjalin kerjasama yang baik dalam
sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah proyek aplikasi.
D. D. Jadwal, Tempat Dan Jenis Kegiatan
1.
Jadwal
Magang
Penulis melaksanakan magang kerja dari tanggal 12 Januari
- 11 Februari 2017. Adapun jadwal yang harus dipatuhi, yaitu:
a. Masuk Pelatihan pukul 08.00
WIB.
b. Istirahat dari pukul 12.00 WIB
sampai pukul 13.00 WIB.
c. Pulang pelatihan, untuk hari Senin sampai Sabtu pukul 17.00 WIB
2.
Tempat Magang
Mahasiswa melakukan magang kerja di Kantor STIEBBANK
Jogjakarta yang beralamatkan di Jln. Magelang Km.8,5 Sleman Yogyakarta, Kota
Yogyakarta. Telp (0735) 320090.
3.
Jenis Kegiatan Magang
Jenis kegiatan yang dilakukan penulis selama melaksanakan
magang kerja adalah belajar merancang dan membuat aplikasi android, serta mengikuti kegiatan yang sedang berlangsung yang telah disusun oleh tim Gama
Informatika, yaitu sebagai
berikut:
a. Mengikuti Workshop tentang tata cara penulisan artikel tentang IT.
b. Mengikuti Workshop Desain Grafis menggunakan aplikasi Photoshop CS.5 dan aplikasi Corel
Draw X7
c. Mengikuti Workshop Android tentang
aplikasi Android Studio Versi 2.3
d. Mengikuti Workshop Search Engine Optimizer (SEO).
e. Mengikuti Workshop tentang sosial media Twitter
f. Mengikuti Workshop tentang sosial media Instagram
g. Mengikuti Workshop tentang sosial media Facebook
h. Membuat Design User Interface membuat logo Facebook menggunakan aplikasi Corel
Draw X7
i. Membuat Front-End Website menggunakan aplikasi Sublime Text Versi-3
j. Membuat Back-End
Website menggunakan aplikasi Sublime
Text Versi 3
k. Membuat Layout Apps Android menggunakan Android
Studio Versi 2.3
l. Membuat Item
List dan List View
menggunakan Android Studio Versi 2.3
m. Membuat Form Login dan Form Register menggunakan
Android Studio Versi 2.3
n. Membuat Layout Detail menggunakan Android
Studio Versi 2.3
o. Menambahkan aplikasi Google Maps ke dalam aplikasi android.
p. Membuat tampilan tambahan Splash Screen menggunakan Android Studio Versi 2.3
q. Outbond.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 2. Tampilan Antarmuka Corel Draw X7
Gambar 3. Tampilan Antarmuka Android Studio Versi 2.3
Gambar 4. Contoh Website yang masuk 10 teratas di Google
Gambar 5. Tampilan Antarmuka Twitter
Gambar 6. Tampilan Instagram pada Platform Android
Gambar 7. Tampilan Awal Antarmuka Facebook
Gambar 8. Langkah-langkah Membuka Corel Draw X7
Gambar 9. Tampilan Desain Logo Facebook
Gambar 10. Langkah-langkah Membuka Sublime Text Versi 3
Gambar 11. Tampilan Potongan Coding Front-End Website
Gambar 12. Tampilan Coding Back-End Website
Gambar 13. Menambahkan Activity Baru Pada Android Studio Versi 2.3
Gambar 14. Tampilan Kotak Dialog New Android Activity
Gambar 15. Menambahkan File .xml dan .java Act_Main
Gambar 16. Tampilan Coding Pemrograman pada Act_Main.xml
Gambar 17. Tampilan Coding Pemrograman pada Act_Main.Java
Gambar 18. Tampilan Hasil Layout Apps dari Coding Act_Main.xml
Gambar 19. Tampilan Kotak Dialog Pembuatan act_list_riwayat
Gambar 20. Tampilan Coding Pemrograman pada act_list_riwayat.xml
Gambar 21. Tampilan Coding Pemrograman pada act_list_riwayat.Java
Gambar 22. Tampilan Hasil dari Coding act_list_riwayat
Gambar 23. Menambahkan Layout baru
Gambar 24. Tampilan Kotak Dialog New Resource File
Gambar 25. Menambahkan File item_list.xml
Gambar 26. Tampilan Coding Pemrograman pada item_list.xml
Gambar 27. Tampilan Hasil Coding dari Item List
Gambar 28. Menambahkan Activity Login Pada Android Studio
Gambar 29. Tampilan Kotak Dialog Penamaan Act_Login
Gambar 30. Menambahkan File .xml dan .java Act_login
Gambar 31. Tampilan Coding Pemrograman pada act_login.xml
Gambar 32. Tampilan Coding Pemrograman pada act_login.java
Gambar 33. Tampilan Hasil Akhir Form Login
Gambar 34. Tampilan Penamaan Act_Regis
Gambar 35. Tampilan Coding Pemrograman pada act_regis.xml
Gambar 36. Tampilan Coding Pemrograman pada act_regis.java
Gambar 37. Tampilan Hasil Akhir Form Register
Gambar 38. Tampilan Penamaan act_detail
Gambar 39. Tampilan Coding Pemrograman pada Act_Detail.xml
Gambar 40. Tampilan Coding Pemrograman pada Act_Detail.Java
Gambar 41. Tampilan hasil Layout Detail
Gambar 42. Cara Mencari Google Maps Application Programing Keys
Gambar 43. Mengaktifkan Application Programing Interface (API) Keys
Gambar 44. Tampilan Application Programing Interface (API) Keys
Gambar 45. Menambahkan Google Maps Activity
Gambar 46. Tampilan Penambahan Google Maps Activity
Gambar 47. Paste kode yang copy dari Google di google_maps_api.xml
Gambar 48. Pembuatan Activity Splash Screen
Gambar 49. Tampilan Splash Screen
Gambar 50. Tampilan Gambar-gambar yang Tersimpan di Drawable
Gambar 51. Games Pindah Karet Gelang saat Outbound Gunung Merapi
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
0 Comments